KKN 129 UMM, Manfaatkan Hidroponik Sebagai Terobosan Baru di Desa Ngadirejo

0
75

MALANGVOICE – Puluhan masyarakat dan aparat desa sangat antusias menyambut demonstrasi mahasiswa KKN 129 Universitas Muhammadiyah Malang. Mereka ini mendemonstrasikan Kawasan Rumah Pangan Lestari(KRPL) dengan sistem hidroponik yang dilaksanakan pada Jumat, 5 Agustus 2016 di Balai Desa Ngadirejo Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara aparat desa dan mahasiswa KKN 129 Universitas Muhammadiyah Malang.

Hidro2Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini dimulai pukul 0917.00-11.00 WIB dan dilanjut pukul 13.00-15.00 WIB dengan tujuan agar masyarakat Desa Ngadirejo yang mayoritas petani dapat mengefisiensi waktu dan tenaga.

Istri Kades Ngadirejo, Sucik, mengatakan kegiatan ini sangat membantu karena diletakkan di balai desa, sehingga orang-orang dapat melihat bahwa Desa Ngadirejo pernah membuat KRPL hidroponik.

“Saya berterima kasih kerja sama dengan KKN 129 UMM. Semoga bermanfaat dan membawa kebaikan untuk selanjutnya,” katanya.

Kegiatan KRPL dimulai dengan mengisi gelas aqua bekas yang sudah dilubangi dengan menggunakan media pakis dan bibit sayuran. Kemudian bibit dimasukkan di paralon yang sudah dilubangi dan selanjutnya dialiri air dengan sambungan listrik. Masyarakat yang datang sangat memperhatikan dengan seksama cara kerja KRPl sistem hidroponik ini.

Salah satu warga, Bagus, mengatakan kegiatan ini merupakan suatu hal baru untuk wilayah Ngadirejo.

“KRPL ini bisa dikembangkan dan dijadikan contoh dengan melihat efektivitas tanaman dan efektivitas waktu panen,” katanya.

Koordinator Desa, Andre Hartono, menambahkan KRPL dengan sistem hidroponik merupakan terobosan baru sebagai solusi masalah kebanyakan petani di desa. Harapannya dapat mengefisiensi waktu dan tenaga petani.