Kios di Stasiun Kota Baru Bakal Dipindah, Respon Pedagang Beragam

0
15
Suasana beberapa kios pedagang di Stasiun Kota Baru Malang. (Muhammad Choirul)
Suasana beberapa kios pedagang di Stasiun Kota Baru Malang. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Pemugaran Stasiun Kota Baru Malang dipastikan berdampak pada pemindahan kios pedagang yang selama ini berjualan di tempat itu. Executive Vice President PT KAI Daop 8, Wiwik Widayanti, mengatakan, pihaknya bakal membangun pujasera sebagai gantinya.

Hanya saja, pujasera ini tidak bisa memuat semua pedagang. Karena itu, pedagang yang akan dipindah ke pujasera hanya sebagian. “Kami masih akan memikirkan solusi konkret untuk pedagang yang tak kebagian tempat,” ungkapnya.

Sementara itu, para pedagang memiliki respon beragam terkait rencana itu. Salah seorang pedagang, Khodijah, mengaku sudah nyaman berjualan di tempat itu.

Khodijah sendiri sudah menemati salah satu kios di stasiun selama delapan tahun untuk berjual aneka makanan. “Saya sudah mendengar kabar itu. Saya juga sudah bersiap merapikan barang-barang untuk pindah. Tapi sampai sekarang belum tahu lagi seperti apa kelanjutannya,” urai Khodijah.

Dia menambahkan, sampai saat ini belum ada informasi dari PT KAI terkait kompensasi atau penempatan sementara di kios lain. Yang jelas, dia berharap ada pihak yang bertanggung jawab untuk setidaknya memberikan tempat sementara.

Sementara itu, pedagang lain, Rully, mengaku belum tahu bakal ada pemugaran bangunan di stasiun. “Saya belum tahu. Tanya pihak stasiun saja, saya masih repot, Mas,” ujarnya ketika ditemui MVoice, sambil berlalu.