Kini, Emas Gaul Paling Diminati

0
175
Koleksi emas gaul toko emas Bulan Purnama. Kadar emas yang rendah memungkinkan desain perhiasan lebih bervariasi. (Shuvia Rahma)

MALANGVOICE – Di tengah lesunya penjualan emas, produk emas gaul masih cukup banyak, diminati oleh pembeli. Emas gaul adalah sebutan untuk emas kadar rendah yang memiliki bentuk lebih bervariatif ketimbang emas kadar tinggi.

Marketing Bulan Purnama, Ahmad Wawan, menjelaskan, emas gaul sudah mulai muncul pada 2005 lalu. Saat ini, emas itu cukup membantu penjualan di tengah lesunya bisnis logam mulia karena harganya yang relatif paling murah diantara emas lain.

“Emas gaul kadar karatnya hanya 37,5 persen saja, karena itu harganya paling murah. Hanya Rp 250 ribu per gram untuk saat ini,” kata Wawa, sapaan akrabnya.

Ia mengatakan, kadar emas pada emas gaul hanya 37,5 persen. Artinya, prosentase yang tersisa sebesar 62,5 persen adalah campuran tembaga atau perak.

Campuran logam lain yang cukup tinggi membawa keuntungan berupa kemudahan saat membentuk logam tersebut. Hasilnya, bentuk perhiasan menjadi lebih beragam, indah dan lebih detil.

“Semakin murni emas, maka semakin susah dibentuk karena emas kadar tinggi itu lentur dan gampang berubah bentuk,” jelas dia.