Khofifah: Narkoba Bisa Jadi Bencana Kemanusiaan

0
49
Penandatanganan Taruna Siaga Bencana Indonesia Anti Narkoba (Tika)
Penandatanganan Taruna Siaga Bencana Indonesia Anti Narkoba (Tika)

MALANGVOICE- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menegaskan, Narkoba harus benar-benar diberantas. Pernyataan itu disampaikan pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) bertajuk ‘Ramadan Tolak Narkoba’, di Stadion Kanjuruhan, sore tadi.

“Narkoba itu jika tidak dikendalikan bisa menjadi bencana kemanusiaan yang besar. Maka dari itu harus benar-benar diberantas,” jelas dia kepada wartawan, beberapa menit lalu.

Tokoh NU ini juga menjelaskan, hari ini juga dinobatkan 2 juta Taruna Tanggap Bencana (Tagana) secara nasional. Secara simbolik, Moreno Suprapto dan Putri Ayu Diah dikukuhkan sebagai Duta Tagana.

“Saya minta kepada Tagana, satu jam setelah terjadi bencana alam, harus sudah ada di lokasi. Nah kalau Narkoba yang dikhawatirkan menjadi bencana kemanusiaan, maka Tagana harus lebih tanggap lagi. Tugas mereka berat,” jelasnya.

Ditambahkan Khofifah, Tagana juga harus bisa memberikan motivasi kepada pecandu Narkoba agar bisa sembuh dan bebas dari jeratan narkoba. Juga harus aktif dan update mengenai jenis dan perkembangan narkoba.

“Jenis narkoba itu banyak dan perkembangannya semakin mengkhawatirkan. Tagana harus tahu itu,” tegas dia.