Ketua PWI Malang Imbau Masyarakat Waspadai Wartawan Gadungan

0
9
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, Sugeng Irawan

MALANGVOICE – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, Sugeng Irawan, mengimbau masyarakat hingga pejabat negara di wilayah Malang Raya, agar mewaspadai wartawan gadungan atau wartawan betulan tapi hanya memeras nara sumber dan melanggar kode etik jurnalistik.

Hal itu dikatakan Irawan -demikian ia akrab disapa-, karena akhir-akhir ini makin banyak pejabat di kota maupun Kabupaten Malang mengeluhkan oknum wartawan seperti itu.

“Saya banyak keluhan dari sebagian besar pejabat pemerintahan yang sering didatangi wartawan gak jelas, dan hanya untuk meminta uang,” katanya pada MVoice, beberapa menit lalu.

Irawan menambahkan, masyarakat atau pejabat agar jangan membiasakan memberi imbalan berupa apapun, dan bila mendapati ada pemerasan, harap melapor ke organisasi yang terdaftar di Dewan Pers.

“Belakangan ini banyak masyarakat resah karena ulah wartawan gadungan dan wartawan pemeras,” ujarnya.

Menurutnya, oknum yang mengaku dari surat kabar harian atau mingguan tertentu, biasanya menemui pejabat atau orang penting lainnya, dengan modus wawancara nara sumber tapi gayanya interogasi dan berakhir dengan meminta imbalan uang.

“Aksi oknum wartawan gadungan seperti itu semakin gencar dalam beberapa tahun terakhiri, bahkan mereka menemui kepala dinas dan Kabid serta Kasi sampai ke rumahnya,” tutup irawan.