Ketahui Jenis Sariawan, Jangan Anggap Sepele…

0
98
sariawan menganggu aktivitas (anja)
sariawan menganggu aktivitas (anja)

MALANGVOICE – Jangan anggap sepele sariawan di bibir. Bisa-bisa luka tersebut justru menjadi pertanda timbulnya penyakit lain.

Menurut dokter di Jalan Arumba, Tegalgondo, dr Rahman Agus, sariawan kecil berdiameter sekitar 2-8 mm dan biasanya sembuh dalam waktu 10 hari sampai 2 minggu.

Ada pula sariawan besar, ukurannya lebih lebar dan lebih dalam dengan pinggiran yang tidak teratur, butuh waktu beberapa minggu untuk sembuh, bisa meninggalkan bekas luka di mulut.

“Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti bibir tidak sengaja tergigit, mengunyah makanan yang keras, tambalan gigi tidak sempurna, atau pemakaian gigi palsu yang tidak pas,” paparnya saat dihubugi MVoice.

Namun, sariawan kadang-kadang dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti infeksi virus. Bahkan bisa pula karena Arthritis reaktif atau sindrom Reiter, yaitu kondisi yang menyebabkan peradangan di berbagai tempat di dalam tubuh.

“Bahkan bisa juga karena virus HIV dan herpes,” tukasnya.

Namun, dia menyarankan, agar tidak ragu untuk pergi ke dokter secepatnya jika sariawan di bibir membuat sangat kesulitan untuk makan dan minum, ukuran sariawannya sangat besar, muncul sariawan baru padahal sariawan yang lama belum sembuh, sariawan tidak terasa sakit, sariawan tidak sembuh padahal sudah tiga minggu, sariawan makin meluas, rasa perihnya tidak bisa hilang walau sudah diberi obat, dan apabila sariawan disertai dengan demam tinggi dan diare.