Kesiapan Divif 2 Kostrad Jelang Lomba Ton Tangkas AD 2016

0
50

MALANGVOICE – Pelaksanaan Lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) TNI AD 2016 tinggal hitungan hari. Lomba yang akan digelar pada November nanti, itu akan diikuti sejumlah peleton terbaik satuan jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad. Namun hanya satu peleton yang mewakili Divif 2 Kostrad pada ajang bergengsi itu..

Sistem undian akan diterapkan dalam memilih peleton yang akan berlomba. Sehingga seluruh peleton satuan jajaran Divif 2 Kostrad memiliki kesiapan rata-rata saat terpilih untuk mewakili Divif 2 Kostrad dalam lomba Ton Tangkas Tingkat AD. Berbagai kesiapan tengah dilakukan satuan, baik kesiapan fisik, mental dan moril maupun materi yang akan dihadapi.

Untuk mengukur kesiapan peleton-peleton yang akan bertanding, Divisi Infanteri 2 Kostrad menggelar lomba Ton Tangkas tingkat Divisi pada (7-15/10/16) di tiga lokasi, Solo, Jember dan Jabung Malang dengan materi lomba yang meliputi Kesegaran Jasmani, Menembak Pistol dan Senapan, Ilmu Medan, Lintas Medan, dan Peraturan Militer Dasar (Permildas). Selain untuk mengukur tingkat kesiapan, hal ini dilakukan juga untuk memperoleh data kemapuan yang dimiliki Peleton-peleton tersebut.

kostrad2

Kepala Seksi Penyiapan Satuan (Kasi Siapsat), Mayor Inf Arif Kurniawan menjelaskan, “Pelaksanaan lomba Ton Tangkas Tingkat Divisi ini dilaksanakan sebagai pra pelaksanaan lomba tingkat AD, sehingga setiap kelemahan dan kekurangan yang dimiliki dapat dievaluasi dan ditingkatkan untuk meraih hasil yang optimal pada pelaksanaan lomba nanti,” jelasnya.

25 Peleton dari seluruh satuan jajaran Divif 2 Kostrad, disiapkan untuk melaksanakan undian, dan hanya satu Peleton yang mendapat kehormatan dan kebanggaan dapat tampil di ajang lomba Ton Tangkas tingkat AD tersebut.

Sebagai salah satu satuan elit di jajaran TNI AD, tentunya pihak Divisi 2 Kostrad berambisi dapat menjadi salah satu pemenang lomba bergengsi tahunan itu. Untuk meraih prestasi terbaik dan mengharumkan nama Divisi Infanteri 2 Kostrad tentunya tidak mudah, mereka harus bersaing dan menyingkirkan Peleton-peleton terbaik dari seluruh satuan jajaran TNI se-Indonesia.

Persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari, baik pembinaan fisik dan mental prajurit. Disamping itu pola makan dan program latihan juga menjadi salah satu fokus utama pihak Divif 2 Kostrad sebagai pembina utama kesiapan operasional dari satuan jajarannya.

Selain itu itu Mayor Inf Arif Kurniawan, juga mengungkapkan bahwa disamping kesiapan mental dan fisik, dia juga bertanggungjawab pada moril dan semangat juang para prajurit. “Saat ini moril para prajurit masih terjaga dengan baik. Karena dengan moril yang baik akan sangat menentukan para para prajurit dalam pertandingan nanti,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa dalam meraih sebagai juara umum tidak menjadi beban bagi para prajurit, karena kubu Divif 2 Kostrad sudah memiliki target di tiap materi lomba, dengan harapan juara umum dapat diraih,” tegas Arif Kurniawan.