Kesengsem, Kota Samarinda Ingin Seperti Batu

0
112
Wali Kota Samarinda, Syaharie Ja'ang saat diwawancarai didampingi Eddy Rumpoko
Wali Kota Samarinda, Syaharie Ja'ang saat diwawancarai didampingi Eddy Rumpoko (fathul)

MALANGVOICE – Pemerintah Kota Batu mendapat banyak pujian dari Wali Kota Samarinda, H Syaharie Ja’ang. Saat mengunjungi Block Office, orang nomor satu di kota terbesar se Kalimantan Timur ini juga dibuat terkagum-kagum.

“Ekonomi secara nasional beberapa tahun lalu mengalami penurunan, tapi Kota Batu tidak menurun malah meningkat. Karena itu kami ingin belajar bagaimana mengelolanya,” ungkap Syaharie kepada wartawan usai melaksanakan pertemuan dengan Wali Kota dan jajaran SKPD Pemkot Batu.

Syaharie mengakui, pembinaan unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta pariwisata, membuat Kota Batu tak terpengaruh lesunya perekonomian nasional. Sehingga Kota Samarinda pun ingin belajar mendayagunakan sumber daya untuk kepariwisataan.

“Memang kondisi kota kami tidak sejuk dan dingin seperti Kota Batu. Tapi kita sama-sama kota yang menjual jasa, jadi selama ini tidak banyak yang bisa kami lakukan, tapi kami akan menirunya dari sini,” imbuhnya.

Ia sangat berharap kepariwisataan dapat dipadukan antara Kota Batu dan Kota Samarinda. Apalagi, posisi Jatim Park Group saat ini juga menjadi konsultan kepariwisataan di Samarinda. Syaharie yakin, banyak potensi yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi pusat wisata.

“Di sana tanah masih sangat luas, barangkali itu bisa dimanfaatkan investor. Termasuk bekas tambang batu bara yang terbuka juga bisa dimanfaatkan. Saya ingin orang ke sana tidak hanya bisnis, tapi juga jalan-jalan karena ada wisatanya,” tandas Syaharie.

Dalam pertemuan dua Pemkot itu, sempat tercetus juga keinginan Pemkot Samarinda untuk memboyong Jatim Park Group berinvestasi di sana. Sehingga Kota Samarinda bisa berkembang pesat dengan adanya pusat pariwisata di Provinsi Kalimantan Timur.