Kesbangpol Klaim Warga Welcome pada Eks Gafatar

0
42
Koordinasi penjemputan eks Gafatar (fathul)

MALANGVOICE – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Malang, Choirul Fathoni, menyebutkan, warga Kepanjen, Kromengan, dan Pagelaran, siap menerima kembalinya eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di wilayahnya.

Informasi terakhir, warga Malang yang bakal dipulangkan ini sebanyak 29 orang. Padahal sebelumnya diketahui ada 14 warga, kemudian naik menjadi 25 warga. Sehingga 3 bus mini milik Pemkab Malang dikerahkan untuk menjemput mereka.

“Kami sudah koordinasi, dan warga di sana menyatakan siap berdekatan dengan mantan anggota Gafatar ini. Tapi syaratnya mereka harus siap menandatangani surat pernyataan lepas dari Gafatar dan tidak ikut lagi,” paparnya saat dihubungi MVoice.

Pihaknya sudah menghubungi Ketua RT, Ketua RW, hingga Kepala Desan dan Camat agar rutin dilakukan pembinaan. Karena anggota Gafatar punya pemahaman yang berbeda sehingga perlu adanya pembinaan yang intens.

“Sekarang sudah dilakukan penjemputan ke Surabaya. Perkiraan akan sampai di UPT Bina Loka Karya, Desa Banjarrejo, nanti pukul 21.00 WIB. Dari sana baru akan kita lakukan pemulangan ke asalnya masing-masing,” tandasnya.

Kapolres Malang, AKBP Yudho Nugroho, juga memastikan warga Kademangan, Kecamatan Pagelaran, siap menerima warga eks Gafatar yang akan dipulangkan.