Kerja Keras dan Inovasi Penting untuk Meraih Sukses

0
67
Hary Tanoesoedibjo saat memberikan kuliah tamu di UNISMA (fia)

MALANGVOICE – Menjadi sukses bukan hanya bekerja keras, tapi juga diperlukan kreatifitas dan inovasi. Hary Tanoesoedibjo pada kuliah umum di Universitas Islam Malang (UNISMA) mencontohkan beberapa pengusaha dunia yang sukses karena kerja keras dan mampu berinovatif.

Ketua Umum Perindo itu menceritakan, Apple awalnya bersaing di red ocean. Dimana banyak pelaku dari pebisnis serupa yang bersaing ketat. Apple sempat gagal, sebelum kemudian Steve Job memutuskan masuk ke persaingan blue ocean dimana persaingan bisnis diciptakan melalui inovasi yang berbeda dengan produk serupa.

“Sempat hendak bangkrut, kemudian Steve Job memilih berkreasi dan berinovasi agar berbeda dengan lain. Hasilnya, saham Apple naik vertikal. Saat ini, nilai saham Apple mencapai 80 ribu dolar,” ceritanya.

Melalui kisah sukses tersebut, Hary Tanoe menegaskan, bekerja keras penting untuk membangun kesuksesan, namun kreatifitas dan menciptakan inovasi juga sangat penting agar sukses bisa segera diraih.

“Sukses tak kenal umur, tapi sukses harus dibangun. Jangan karena masih muda kemudian belum terpikir membangun sukses,” pungkas dia.

Pada kesempatan yang sama, Hary Tanoesoedibjo juga menyerahkan beasiswa kepada 20 mahasiswa dan mahasiswi UNISMA.

Attachments area
Preview attachment 2016_0118_10433700.jpg
Image
2016_0118_10433700.jpg