Kepanjen Jadi Pilot Project Kelompok Sadar Hukum

0
16
Kapolsek Kepanjen, Kompol Mas Akhmad Sujalmo
Kapolsek Kepanjen, Kompol Mas Akhmad Sujalmo, saat memberikan pemaparan (fathul)

MALANGVOICE – Untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), di seluruh dusun yang ada di Kecamatan Kepanjen kini dibuat Kelompok Sadar Kamtibmas.

Pembuatan kelompok ini dipusatkan di Kantor Kecamatan Kepanjen, yang akan menjadi pilot project. Bila dinilai berhasil, kelompok ini akan dibentuk di seluruh dusun dengan koordinasi masing-masing kecamatan di Kabupater Malang.

“Selama ini, tiga pilar kamtibmas yang terdiri dari Pemdes, Babinkamtibmas, dan Babinsa. Nah kan cuma di tingkat desa? Kami maunya ada sampai di tingkat dusun,” kata Kapolres Malang, AKBP Yudho Nugroho kepada MVoice.

Koordinasi kelompok ini akan di berada di bawah Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat. Tugas utamanya, lanjut Kapolres, adalah mendeteksi dini adanya gangguan Kabtibmas sehingga bisa ditindaklanjuti.

“Jadi kalau terdeteksi ada gangguan, mereka turut mencegah. Bila mengarah ke pidana, koordinasinya ke kepolisian,” tegasnya.

Kapolres menyangkal bila pembentukan kelompok ini berhubungan dengan kepulangan eks Gavatar ke wilayah Kabupaten Malang.

“Ya bisa saja kalau ikut mendeteksi dini, tapi ini agenda sudah lama,” tandas mantan Kapolres Sumenep ini.