Kepala BPN RI Klaim Prona Tidak Bermasalah

0
13
Ferry Mursidan Baldan. (fathul)

MALANGVOICE – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI, Ferry Mursyidan Baldan, mengklaim tidak ada persoalan sama sekali dalam pelaksanaan sertifikasi Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) di seluruh Indonesia.

Total penyelesaian sertifikasi tanah Prona secara nasional pada 2015 mencapai 96 sampai 98 persen. Di beberapa daerah, program ini sudah mencapai 100 persen.

“Dulu itu mungkin banyak yang under estimate terhadap Prona, tapi sejak 2015 saya genjot terus, saya hadir langsung sehingga tidak ada masalah,” kata Ferry kepada wartawan, beberapa menit lalu.

Dikatakan, gerakan Prona menjadi gerakan massif. Banyak kepala daerah yang maju dalam Pilkada lagi, dan menjanjikan program ini selesai cepat.

“Pada 2016 kita bahkan berencana tambah menjadi 1.060.000 juta bidang, dan 50 persennya kami khususkan ke petani. Jadi saya tidak ngarang, karena saya cek dan tekuni betul,” ungkapnya.

Mengenai penolakan kepala desa karena takut konsekuensi hukum, Menteri Agraria dan Tata Ruang ini menegaskan jika Prona gratis. Bila ada pungutan, itu satu atau dua tahun lalu.

“Di mana kepala desa yang menolak? Urusan saya pada masyarakat desa. Coba tunjukkan ke saya, saya berani menantang desa mana yang Prona mahal. Saya bawa Kanwil Jawa Timur ini,” tandasnya.-