Kenapa Harus Beri Data Akurat Saat Sensus Ekonomi 2016, Ini Alasannya!

Petugas BPS Kota Malang menerima lembar survey rutin yang dikembalikan oleh pelaku bisnis hotel (fia)

MALANGVOICE – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang terus melakukan pematangan jelang Sensus Ekonomi (SE) 2016, Mei mendatang, selain rekruitmen petugas pencacah lapangan, BPS juga menyiapkan bahan kuisioner untuk ditanyakan kepada objek sensus.

Subject Matter Sensus Ekonomi 2016 BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini, mengungkapkan, sektor-sektor usahan yang akan masuk pendataan meliputi pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, pengadaan air, pengelolaan sampah dan daur ulang, perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan motor, transportasi dan pergudangan, kegiatan badan dan organisasi, jasa pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

“Mencakup seluruh sektor ekonomi di luar sektor pertanian,” jelas Erny kepada MVoice.

Dia juga menuturkan, data yang diperoleh petugas lapangan nantinya akan diolah. Dari data itu, pemerintah bisa menentukan arah kebijakan pembangunan ke depan. Sehingga ia menghimbau para objek sensus, sebaiknya memberikan data yang sebenar-benarnya agar kebijakan yang dirancang pemerintah tidak salah sasaran.

“Sensus ini akan memberikan gambaran utuh perekonomian bangsa dan dipakai sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional. Agar kebijakan dan pembangunan tidak salah arah, maka berikanlah data yang valid dan akurat kepada tim sensus,” imbaunya