Kenalkan Budaya, Pemkab Malang Terima Mobil Bioskop Keliling

0
54
Kadindik Malang, Budi Iswoyo, menerima mobil secara simbolis dari Dirjen Kemendikbud RI, Nono Adya Supriyatna (fathul)

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten Malang mendapat hadiah Mobil Bioskop Keliling (Bioling) dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang diwakili penyerahannya oleh Dirjen Kemdikbud, Nono Adya Supriyatna.

Bantuan Bioling ini akan menjadi salah satu cara Pemkab Malang mengenalkan budaya kepada masyarakat dan siswa-siswi sekolah. “Mobil ini senilai Rp 900 juta yang dibagikan ke 45 Kabupaten/kota se Indonesia,” ujar Kepala Disdik Malang, Budi Iswoyo.

Pihaknya saat ini baru menerima bantuan itu secara simbolis. Untuk fisik mobilnya akan diberikan di tahun anggaran 2016. Di dalam mobil ini, ulasnya, akan ada fasilitas multimedia lengkap. Sehingga bisa digunakan nonton bioskop budaya secara leluasa.

“Informasinya nanti film di dalam ini tentang edukasi dan budaya Indonesia. Kemudian juga ada film yang khas Kabupaten Malang, hal ini masih dikoordinaskan, misalnya dengan Disbudpar untuk promosi wisata dan budaya,” tambahnya.

Selain itu, Bioling ini akan mewadahi film-film karya siswa dan mahasiswa di Kabupaten Malang. Karena itu, selain budaya diajarkan, para pelajar juga diberi kesempatan berkembang dalam dunia broadcasting bercirikan budaya nusantara.

“Kemungkinan Bioling ini akan kami serahkan penggunaannya ke SMK yang ada jurusan broadcastingnya. Pokoknya teknisinya akan dilatih kementrian guna pengembangan SDM,” tandasnya.