Kenali Bahan Aman Ini Sebelum Memakai Produk Pemutih Wajah

0
293
Produk perawatan wajah pastikan aman (anja)
Produk perawatan wajah pastikan aman (anja)

MALANGVOICE – Iklan-iklan produk perawatan kulit terutama pemutih banyak sekali ditayangkan ditelevisi. Sebagai konsumen, sebaiknya Anda jeli memilih produk di pasaran karena tidak semuanya mengandung bahan aman.

Menurut owner Three Beauty, Dewi Sekar, zat aman yang bisa digunakan sebagai pemutih adalah kojic acid, arbutin, ekstrak buah.

“Kojic acid efektif menghambat produksi melanin. Kojic acid merupakan bahan alami yang berasal dari fermentasi beras, biasanya digunakan untuk membuat sake (anggur beras Jepang),” papar Dewi.

Sedang arbutin, berasal dari daun bearberry, cranberry, pir, dan mulberry. Secara teknis, arbutin disebut sebagai sumber alami hidrokinon atau hydroquinone-β- D –glucoside. Bentuk murni arbutin dipercaya lebih ampuh mencerahkan kulit.

Dia menambahkan, ekstrak buah-buahan di dalam krim pemutih seperti lemon, pepaya, atau strawberry, terutama yang bisa Anda makan, pastinya aman dan tidak berisiko menyebabkan kanker kulit.

“Yang alami atau herbal berasal dari buah-buahan biasanya aman. Ingat, tidak ada namanya memutihkan instan yang ada hanya mencerahkan. Kalau putih instan biasanya ada kandungan berbahaya. Saran saya, konsultasi ke dokter sebelum memakai produk perawatan wajah tertentu,” tuturnya.