Kemensos Kawal Penggalangan Dana Instansi Agar Tepat Sasaran

0
10
Penyandang disabilitas mengikuti seremonial penyerahan alat bantu, di Pendopo Kabupaten Malang (fia)

MALANGVOICE – Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengapresiasi langkah Alfamart yang memberi bantuan untuk para disabilitas.

Ditemui MVoice usai seremonial penyerahan alat bantu disabilitas di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Direktur Pengelolaan Bantuan Sumber Dana Sosial Kementerian Sosial RI, Mirarianti Kurniasih, mengatakan, permasalahan sosial yang ada di Indonesia tidak bisa hanya ditangani Kementerian Sosial saja, tetapi juga perlu dukungan lembaga atau instansi lain yang melakukan gerakan sosial untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan bakti sosial seperti ini merupakan langkah positif yang didukung penuh oleh Kemensos. Siapa saja bisa melakukan baik NU, maupun yayasan lain. Khusus untuk program ini, dana partisipasinya berasal dari pengusaha, dalam hal ini Alfamart,” urai Mirarianti.

Ia menjelaskan, dalam program santunan 245 alat bantu disabilitas, Kemensos berkapasitas sebagai pemberi izin bagi Alfamart untuk penggalangan dana untuk kegiatan sosial kepada pelanggan.

“Kita memberi izin untuk kemudian mengawasi pelaksanaannya agar tepat sasaran,” jelas dia.

Deputy Branch Manager Alfamart Cabang Malang, Darmansyah, menambahkan, penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) sengaja dipilih ke warga yang mengalami disabilitas karena berdasarkan data yang diperolehnya, ada sekitar 80 persen penyandang disabilitas yang tidak memiliki alat bantu.

Dengan adanya bantuan tersebut, semoga penyandang disabilitas dapat lebih produktif sehingga kualitas hidupnya juga dapat meningkat,” pungkas Darman.