Kemenag Batu Jadi Pilot Project Zona Integritas

0
54
M Rosyad. (fathul)

MALANGVOICE – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu menjadi pilot project Kementerian Agama RI untuk transparansi birokrasi, bersih, melayani, serta bebas dari korupsi dan KKN.

Kantor Kemenag bakal ditata sedemkian rupa, sehingga akan disebut zona integritas. “Se Jawa Timur hanya Kota Batu dan Sidoarjo yang menjadi pilot project,” kata Ketua Tim Zona Integritas, M Rosyad.

Salah satu klausul dalam zona ini, kata Rosyad, adalah ketentuan hubungan dengan insan pers. Karena saat ini sudah zaman keterbukaan informasi, hubungan dengan media harus berjalan baik.

“Nanti kami akan membuat SOP (Standar Operasional Prosedur-red) bagaimana sistem keterbukaan informasi itu, karena di suatu kantor kan tetap ada aurat sesuatu yang harus ditutupi,” imbuh Kasi Bimas Islam ini.

Rosyad tidak menjelaskan rinci SOP yang akan disusun. Pihaknya berencana mengundang media untuk diskusi soal zona integritas dan batas keterbukaan informasi ke publik.

“Berdasar data saya, ada 26 media yang ada di Kota Batu. Jadi, ke depan masing-masing seksi di Kemenag itu tidak pasif, tapi aktif dan terbuka mengenai programnya ke media yang mewakili masyarakat,” tandasnya.-