Kembangkan Jalan Alternatif, Pemkot Batu Butuh Rp97 Miliar

0
27
Para pekerja saat perbaikan jalan di Sultan Agung, Kota Batu.(Miski)

MALANGVOICE – Dinas PU Bina Marga Kota Batu memprioritaskan pembangunan jalan utama dan alternatif di tahun 2017. Anggaran keseluruhan yang akan diusulkan sebesar Rp137 miliar.

Sebesar Rp97 miliar di antaranya dialokasikan untuk jalan alternatif dan koridor.

Kepala Dinas PU Bina Marga, Arif As Siddiq, mengatakan, beberapa titik jalan strategis perlu ditingkatkan. Di antaranya Jalan Dewi Sartika, Agus Salim, Sultan Agung. Khusus Agus Salim nantinya akan dilebarkan sekitar 5 meter (kiri-kanan).

Sedangkan jalan alternatif, seperti Temas tembus Pendem, Pesanggrahan tembus ke Selecta, dan Selecta tembus ke Pandanrejo.

“Antisipasi macet saat libur panjang dan jumlah kendaraan yang masuk ke Batu membludak,” kata dia, beberapa menit lalu.

Pihaknya juga akan melengkapi Penerangan Jalan Umum, petunjuk arah, marka jalan dan penataan tiang listrik serta kabel telepon.

“Sementara di Sultan Agung kami buatkan drainase besar, sehinga curah air dar atas langsung mengalir ke sungai di Jalan Agus Salim,” jelas mantan Camat Batu ini.

Anggaran sebesar itu, tambah Arif, disiapkan tahun depan. Apabila anggaran APBD maksimal, tidak menutup kemungkinan jalan di Kota Batu nyaman digunakan masyarakat.

“Asal anggarannya nutut, awal tahun sudah bisa dilaksanakan. Untuk pengembangan jalan lingkungan baru 30 persen sejauh ini. Tahun depan kami juga tingkatkan,” tandasnya.