Kemarau Panjang, Pohon Ini Malah Berbunga Indah…

0
142
Pohon Tabebuya di sepanjang Jalan Arhanud (fathul)

MALANGVOICE – Musim kemarau panjang ini ternyata malah disambut berbunganya pohon Tabebuya. Seperti bisa dilihat di Jalan Arhanud, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, bunga Tabebuya tampak indah bersemi.

Bunga berwarna kuning yang mudah rontok itu pun menjadikan pinggiran jalan tampak seperti permadani. Memang terkesan aneh, karena berbunga justru di saat musim kemarau. Beberapa pengendara yang lewat pun sering kali menunjuk-nunjuk pohon ini dengan raut kekaguman.

Salah satu anggota Arhanud, Serda Setiawan, saat bertemu MVoice di sekitar Jalan Arhanud, mengatakan, pohon itu dikenal warga dengan nama bunga Sakura, karena dianggap mirip di Jepang. Tidak ada yang tahu nama asli pohon itu.

“Tiap tahun berbunga, kalau bunga yang sekarang ini sudah dua atau tiga minggu lalu berseminya. Kalau tahun sebelumnya saya tidak begitu tahu, karena belum tugas di sini,” tutur Setiawan.

Sementara Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH), Hari Santoso, menyebut pohon-pohon itu dengan nama Tabebuya. Ia membenarkan, pohon itu hanya berbunga di musim kemarau, karena termasuk pohon tropis.

“Memang jalan di sana bagus diberi pohon ini. Wilayah lain bisa mencontohnya, karena bisa menciptakan suasana keindahan. Kelemahan pohon ini, mudah kena hama rayap,” tandasnya.