Keliling Alun-alun Batu Gratis? Naik Dokar Aja!

0
423
Dokar yang standby di barat Alun-alun Kota Batu (fathul)

MALANGVOICE – Pemerintah Kota Batu semakin meneguhkan Alun-alun sebagai pusat wisata murah meriah. Apalagi saat ini dokar gratis diperpanjang waktunya dari Senin – Jumat. Sebelumnya hanya Rabu dan Kamis.

Sehingga wisatawan yang datang ke Alun-alun bisa memanfaatkan dokar ini. Sehari-hari mereka nongkrong di sebelah barat Alun-alun menunggu penumpang. Di sana juga ada poster yang menuliskan kalau dokar di sana gratis dari pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB.

Salah satu kusir dokar, Supriyadi, mengatakan, setiap hari pasti ada saja yang memanfaatkan jasanya. Baik rombongan maupun yang datang bersama beberapa temannya. Apalagi siswa TK juga sering ke sana.

“Biasanya muter Alun-alun saja, dari sini terus Jalan Munif putar depan Pos Polisi, Masjid Agung, lalu balik lagi. Banyak yang foto-foto juga,” kata lelaki yang dikenal dengan panggilan Yadi ini.

Meskipun gratis bagi wisatawan, namun Yadi dan kawan-kawannya sudah mendapat jatah bulanan dari Pemkot Batu sebesar Rp 1 juta per bulan. Tidak ada kenaikan upah meski hari ditambah.

“Dulu Rabu-Kamis ya dapat Rp 1 juta, sekarang Senin sampai Jumat juga Rp 1 juta. Maunya ya ada kenaikan lah, tapi emang segitu dikasihnya ya kita terima saja,” tandas Yadi.