Kejar Tahapan Pilkada, Komposisi Panwas Ditentukan Malam Ini

0
42
Sufyanto (fathul)

MALANGVOICE – Tahapan Pilkada Kota Batu dimulai pertengahan Juni ini, namun Panwaslu belum juga terbentuk. Karena itu, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jatim bakal mengkebut hingga Panwas bisa dilantik minggu ini.

“Kalau waktunya mencukupi ya akan kita plenokan malam ini juga siapa saja yang akan menjadi Panwas terpilih,” ungkap Kepala Bawaslu Jatim, Sufyanto, kepada wartawan, saat jeda fit and proper test di Balai Kota Lama, beberapa menit lalu.

Dari enam orang yang masuk tes terakhir, Bawaslu akan memilih tiga nama saja, dan tiga lainnya akan menjadi cadangan. Mekanisme cadangan itu sendiri, Sufyanto belum mengetahuinya.

“Bawaslu hanya berwenang saat proses rekrutmen saja, jadi dari 6 besar akan ditentukan tiga nama. Masa jabatannya 2 bulan sejak dilantik, dan 2 bulan pasca pemilihan,” papar lelaki asal Magetan itu.

Mengenai masa jabatan real Panwaslu Batu, pihaknya masih mempelajari UU yang baru. Karena masa berakhir kepala daerah yang sekarang hingga Desember 2017, sehingga bakal ada mekanisme tersendiri.

“Kami usahakan malam ini pleno, agar Sabtu sudah bisa dilantik. Proses pengumumannya akan diserahkan ke panitia, biasanya ke media dan langsung ke masing-masing Panwas terpilih,” tandasnya.