Kehamilan Ditentukan Kondisi Sperma

0
20
Dr Boyke (anja)

MALANGVOICE – Kesuburan atau kehamilan salah satunya ditentukan kualitas sel sperma. Menurut Dr H Boyke Brian Nugraha SPOG MARS, Ginekologi dan konsultan seks, tak banyak pria memahami pentingnya kesehatan sperma mereka.

“Di klinik saya, banyak suami-suami yang malas memeriksakan spermanya. Jadi bukan cuma istri saja yang menentukan kehamilan, tapi suami juga harus ikut memeriksakan spermanya agar bisa dievaluasi,” kata Dr Boyke.

Dikatakan, 75% pria merokok memiliki sperma yang tidak baik.

“Pria yang suka minum kopi, es teh, mengkonsumsi obat-obatan, obesitas dan suka begadang juga cenderung memiliki sperma yang kurang sehat,” tambahnya.

Penting sekali bagi pria untuk menjaga pola hidup. Sperma baik ditentukan oleh bentuk, jumlah dan gerak sperma. Terlalu sering berhubungan seks tanpa diikuti pola hidup sehat akan menyebabkan kekosongan sperma pada usia 40 tahunan ke atas.

“Normalnya dalam 3 hari sperma bisa terbentuk sebanyak 200 juta sel. Saya sarankan pria berolahraga minimal 30 menit sehari selama 2-3 hari, diet, hindari alkohol, dan stress,” tutupnya.