Kedua di Jatim, BNN Batu Luncurkan Kurikulum Anti Narkoba

0
28
Kepala BNN menyerahkan dokumen kurikulum anti narkotika ke Dindik Kota Batu.(fathul)

MALANGVOICE – Sekali lagi langkah konkrit Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batu dalam rangka pemberantasan narkoba diwujudkan. Kali ini BNN meluncurkan kurikulum terintegrasi anti narkoba yang langsung diserahkan ke Dinas Pendidikan.

Kepala BNN, AKBP Heru Cahyo Wibowo, mengatakan, kurikulum yang telah jadi itu dirumuskan oleh tim dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Kota Batu. Dalam waktu 1 minggu saja, kurikulum itu telah jadi.

“Materinya mulai dari jenjang SMP-MTs, SMA-SMK dan tingkat MA. Kami serahkan ke wali kota dan kepala dinas pendidikan agar diteruskan ke masing-masing sekolah,” ungkap Heru usai penyerahan secara simbolis.

Dengan bangga, Heru juga memaparkan mengenai prestasi BNN Batu yang menjadi kota kedua di Jawa Timur yang telah memasukkan kurikulum di sekolah-sekolah. “Nanti akan mulai diberikan di tahun ajaran 2016/2017,” imbuh Heru.

Kurikulum yang telah dibuat dibagi menjadi besar, yakni untuk SMA/SMK, MA, dan SMP/MTs. Karena kurikulum ini telah diintegrasikan ke masing-masing mata pelajaran sehingga para guru tinggal improvisasi. Mengenai jumlah halaman kurikulumnya hampir mencapai 1000 halaman.

“Kurikulum ini tidak punya jam tersendiri, jadi mengikuti mata pelajaran yang ada. Rata-rata ada 10 mata pelajaran sehingga kami harap tiap hari ada ulasan mengenai narkoba ke siswa,” sambungnya.