Kebakaran di Unisma, Panel Konslet Karena Beban Listrik Berlebih

0
54
AC di ruangan ini rusak dilahap api (anja)

MALANGVOICE – Belum sampai sehari, pihak Universitas Islam Malang sudah menemukan penyebab konsleting listrik yang memicu kebakaran di gedung perkuliahan FKIP Al Hanafi, Unisma.

Menurut Ketua Bidang Usaha dan Sarana Prasarana Yayasan Unisma, Amarullah, panel listrik tidak kuat menahan beban listrik, akibat pengunaan alat listrik berlebihan. “Terutama pemakaian AC,” tandasnya, saat ditemui MVoice.

Unisma sebelumnya juga tidak mempermasalahkan, meski ruangan tidak di fasilitasi AC, tapi demi memenui tuntutan mahasiswa yang mengaku kepanasan bila kuliah.

“Sebenarnya pemakaian AC tidak masalah. Kita pasang, baik-baik saja. Tapi habis itu ada yang asal pasang AC tanpa seizin yayasan,” ia menyayangkan.

Selama ini yayasan sudah memantau penggunaan AC, LCD, dan alat listrik lainnya. Sayangnya pantauan itu luput, karena tidak setiap hari fasilitas listrik dinyalakan. Sehingga yayasan berpikir beban listrik cukup dan baik-baik saja.

Setelah peristiwaitu, Unisma akan memasang instalasi listrik baru, terutama di Al-Hanafi. “Yang penting kalau mau pasang AC harus izin yayasan!” tandasnya.