Kawista, Meski Tak Populer, Buah Ini Banyak Khasiat

0
66
buah kawista (istimewa)
buah kawista (istimewa)

MALANGVOICE – Kawista atau Kawisto, dikenali juga dengan nama Kinco oleh para generasi tua, merupakan buah yang khas dengan aroma yang menusuk hidung. Berukuran sebesar apel, kulit buahnya berkerut-kerut dengan warna coklat keputihan nyaris seperti buah melon

Wajar tidak populer karena buah ini tergolong langka. Tanaman bernama ilmiah Lemonia acidissima berasal dari India Selatan dan merupakan golongan jeruk-jerukan (Rutaceae) sekerabat dengan buah Maja.

Menurut Dekan Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang, Dr Ir Nurhidayati MP, keunikan rasa Kawista ini akhirnya dilirik oleh pasar dan dikembangkanlah sirup kawista, dirintis di Rembang.

Dia menambahkan, salah satu manfaat dari buah kawista adalah kemampuannya untuk menurunkan sakit panas dan menyembuhkan sakit perut.

“Selain itu buah kawista juga bisa mengatasi haid yang berlebihan, mencegah gangguan hati dan mengatasi mual-mual,” katanya kepada MVoice.

Dijelaskan lagi, buah ini bisa dimanfaatkan sebagai campuran jamu. Saat disajikan sebagai sirup pun kawista juga memberikan manfaat yang sangat besar.

Manfaat lain dari buah kawista adalah kemampuannya untuk mengembalikan stamina yang drop.

“Karena itulah buah kawista banyak juga dimanfaatkan sebagai tonikum untuk mengembalikan kesegaran tubuh,” tutupnya