Kasih IBU Alokasikan 20 Persen Pagu untuk Anak Panti Asuhan

0
59
Safari panti IKIP Budi Utomo (IBU)
Safari panti IKIP Budi Utomo (IBU)

MALANGVOICE- Tahun ajaran baru 2016/2017 mendatang, ada yang berbeda dengan IKIP Budi Utomo (IBU), karena kampus ini memberi kursi khusus bagi anak panti asuhan.

Rektor IBU, Dr Nurcholis Sunuyeko MSi, kepada MVoice menjelaskan, biasanya setiap tahun IBU memberikan kesempatan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu. Sekarang program ini dialihkan menjadi pemberian beasiswa bagi anak panti asuhan.

“Tahun ini kuota 20 persen untuk mahasiswa dari panti asuhan, sekitar 200 orang yang akan kami tampung. Kuota untuk maba sekarang 1.000 kursi,” jelas Nurcholis.

Mengenai syarat, dia menjelaskan, calon mahasiswa harus merupakan binaan panti asuhan yang memiliki pendidikan SMA/SMK atau sederajat. Kemudian, lulus tahun ini atau tahun lalu. Para calon mahasiswa baru (camaba) ini diberi kesempatan kuliah gratis hingga lulus.

“Berbagi ilmu, karena jika ilmu itu tidak dibagikan akan sia-sia,” imbuhnya lagi.

Ditambahkan juga, untuk memuluskan program mereka ini, selama bulan Ramadan, jajaran pimpinan kampus melakukan safari panti asuhan, utamanya di kawasan Kabupaten Malang.

“Kami datangi, kami tawarkan program ini. Terutama bagi panti asuhan yang juga mendirikan sekolah. Bisa mengikutkan anak binaannya dalam program ini. Kemarin waktu safari di Panti Asuhan Mabarot NU, Kepanjen, Kabupaten Malang sudah ada yang tertarik,” tandasnya.