Kapan Yadnya Kasada Dilaksanakan?

0
43
Sesajen Yadnya Kasada (tika)
Sesajen Yadnya Kasada (tika)

 

MALANGVOICE- Yadnya Kasada tak lain upacara persembahan sesaji ke kawah Gunung Bromo, pada sebelum subuh. Lalu, kapan harus dilaksanakan?

Salah satu dukun di kawasan Tengger, Romo Dukun Pandito Sumo Kuncoro, menjelaskan, upacara Kasada digelar setiap bulan kedua belas dalam kepercayaan Hindu.

Romo Dukun pun merinci nama-nama bulan pertama hingga kedua belas dalam kepercayaan Hindu, yakni Kasa, Karo, Katiga, Kapat, Kalima, Kanem, Kapitu, Kawolu, Kasanga, Kasepuluh, Desta dan Kasada.

“Jadi Kasada dilaksanakan pada hari pertama bulan purnama. Sebagai peringatan pengorbanan leluhur Suku Tengger, Roro Anteng dan Joko Seger,” jelasnya kepada MVoice.

Romo Dukun juga menjelaskan, berdasar kepercayaan Suku Tengger, upacara Kasada bertujuan agar mereka dianugerahi keselamatan, ketenteraman dan kedamaian.

Ada yang unik pada setiap pelaksanaan Kasada, meski bau belerang menyengat, badai pasir menerpa, seperti pagi tadi, namun tetap saja ada masyarakat yang berada di pinggir kawah bagian dalam yang bersiap menangkap sesajen yang dilempar.

“Saya nggak tahu orang-orang itu masuk lewat mana. Masyarakat Tengger seolah enak saja jalan di pinggir kawah,” tutur salah satu wisatawan, Andini, kepada MVoice.