Kalangan Perhotelan Berlomba Genjot Pendapatan F&B

0
109
Tamu The Shalimar Hotel tengah menikmati sajian di resto bergaya art deco di hotel yang dulu bernama Graha Cakra itu. (shuvia rahma)

MALANGVOICE – Sektor Food and Beverage (F&B) dimaksimalkan oleh para pelaku hotel untuk meningkatkan revenue saat peak season di liburan Natal dan Tahun Baru. Tak heran jika beberapa hotel berlomba untukmempromosikan paket gala dinner dan juga menu baru.

Seperti yang dilakukan oleh Santika Premiere. Di akhir tahun, hotel bintang empat tersebut merilis paket gala dinner dengan harga hanya dikisaran Rp 200 ribu untuk beragam sajian lengkap mulai dari menu pembuka hingga penutup.

“Awalnya gala dinner diperuntukkan bagi tamu hotel saja, tapi untuk meningkatkan revenue, kita juga membidik tamu luar untuk memenuhi kapasitas hall yang berjumlah 300 seat,” jelas Marketing Communication Santika Premiere Malang, Erwinda Moonica.

Dikonfirmasi di tempat terpisah, langkah serupa juga dilakukan oleh Atria Hotel yang di gala dinner tahun ini mengusung tema carousel. Selain membidik tamu kamar, hotel tersebut juga membuka kesempatan bagi tamu non kamar untuk ikut ambil bagian dalam pesta tahun baru dengan membayar Rp 400 ribu.

“Untuk anak-anak Rp 200 ribu,” kata Public Relation Manager Atria Hotel Malang, Kadek Ayu Ery Ratnawati.

Direktur The Shalimar Hotel, Lily Jessica Tjokrosetio mengatakan, memaksimalkan pendapatan dari sektor F&B menjadi langkah strategis mengingat jumlah kamar hotel tersebut tidak sebanyak hotel lain.

“Hanya 44 kamar, sehingga untuk mendapatkan revenue lebih, kita harus aktif mengembangkan F&B,” kata Lily.

Salah satu cara yang dilakukan The Shalimar Hotel adalah dengan mengeluarkan paket dinner baik untuk Natal maupun tahun baru. Adapun menu yang ditonjolkan adalah sajian nusantara, sesuai segmen yang dibidik The Shalimar yaitu tamu mancanegara.

“Tamu kota besar dan manca negara jika datang ke Malang tentu yang dicari menu otentik. Sebab, kalau kita hadirkan menu western, itu sudah mereka dapatkan sehari-hari di tempat mereka,” ucap Lily.