Kalah Penalti, Arema Gagal ke Final

0
118
Arema vs Madura United di Stadion Aji Imbut (deny)

MALANGVOICE – Langkah Arema Cronus menuju babak final Piala Gubernur Kaltim harus terhenti. Tim Singo Edan kalah poin dari tim Jawa Timur lain, Madura United, di babak semi final dengan sistem trofeo.

Meski menang lawan Persiba Balikpapan, skuat Singo Edan takluk dengan Madura United saat adu penalti dengan skor 4-1.

Awal pertandingan di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, laga antar Persiba Balikpapan harus diselesaikan dengan adu penalti lantaran di 45 menit, kedua tim hanya bermain imbang 1-1.

Gol Madura United diciptakan Fabiano Beltrame, memanfaatkan umpan lambung Toni Mossi dari sepakan pojok.

Tak ingin malu di depan pendukungnya, pemain Persiba akhirnya membalas gol lewat Reza Mustofa di menit 30. Umpan matang Boakay diselesaikan dengan kaki kiri dan menembus gawang MU.

Di babak adu penalti, dua penendang Persiba gagal menceploskan bola dan dimenangkan MU dengan skor 4-3. Pertandingan berlanjut, kali ini 45 menit bagi Arema Cronus dan Persiba Balikpapan.

Menggunakan formasi 4-2-3-1, di awal babak , Lopicic Cs terus menyerang jantung pertahanan tuan rumah. Menit 11, Gonzales menciptakan peluang, sayang tembakan kaki kirinya masih melebar.

Menit 18, serangan Persiba hampir jadi malapetaka bagi Arema. Serangan Rahel dari sisi kanan tak mampu dihalau Goran Gancev yang kalah cepat. Untung, Beny segera mengambil alih dan menyelamatkan gawang Arema.

Singo Edan akhirnya menjebol gawang Persiba di menit 33. Dendy Wahyudi memanfaatkan peluang emas hasil bola muntah di depan gawang. Aremania pun bersorak gembira. Skor 1-0 untuk Arema. Skor itu terjaga hingga 45 menit akhir, skuat Persiba tak punya harapan melanjutkan ke babak final.

Di pertandingan selanjutnya, laga pamungkas 45 menit antara Arema dan Madura United berlangsung. Singo Edan terus berupaya menjaga kemenangan sebelumnya. Percaya diri tinggi ditunjukkan Gonzales Cs di menit awal.

Kedua tim ingin membuat gol cepat guna mengamankan posisi ke babak final. Baru di menit 20, Dendy lagi – lagi mendapat peluang emas di depan kotak penalti lawan. Sayangnya, kali ini ia gagal menceploskan bola karena masih melebar jauh dari gawang.

Arema terus menyerang dengan tempo cepat. Menit 23, Lopicic kurang cermat menendang bola. Peluang emasnya gagal. Skor masih 0-0.

Menit 33, Madura United giliran menyerang. Serangan dari Engelberd dari sisi kanan kurang baik dimanfaatkan, Beny memotong bola dan hanya menghasilkan tendangan bebas. Mossi yang jadi eksekutor tak mampu menyarangkan bola. Selamatlah gawang Arema.

Menit akhir, kedua tim tak mampu berbuat banyak. Serangan sering tumpul dan kurang baik memanfaatkan peluang. Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor masih sama 0-0 dan dilanjutkan adu penalti.

Namun, saat adu penalti, dewi fortuna tak berpihak pada Arema. Dua penendang, Maitimo dan Vizcarra gagal menyarangkan bola. Skor berakhir 4-1. Madura berhak melanjutkan ke babak final.