Kadin Fasilitasi Pemasaran Produk UMKM Secara Online

0
162
Ketua Kadin Kota Malang, Eddy Wahyono
Ketua Kadin Kota Malang, Eddy Wahyono

MALANGVOICE – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Malang terus berupaya memfasilitasi pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar tersebar dan memiliki pangsa pasar, salah satunya menggunakan sistem online.

Ketua Kadin Kota Malang, Eddy Wahyono, mengatakan, desain untuk pemasaran produk UMKM melalui online akan dikemas seperti website jual beli yang saat ini sedang tren.

Jadi nanti ada website khusus untuk menjual semua produk UMKM,” kata Eddy Wahyono, beberapa menit lalu.

Ia menjelaskan, salah satu problem pengembangan UMKM adalah pemasaran produk yang selama ini kurang maksimal, karena itu, melalui upaya online ini diharapkan bisa terbentuk pangsa pasar baru khusus untuk produk UMKM dari Kota Malang.

Ini juga upaya menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dimana alur keluar masuk produk dari luar negeri sangat bebas,” tukasnya.

Problem lain yang dihadapi UMKM, lanjut Eddy adalah permodalan yang sulit, meski saat ini ada dana dari Kredit Usaha Rakyat (KUR), namun skema pencairannya sangat sulit.

Program untuk UMKM yang sudah kami lakukan adalah pelatihan untuk menambah daya produksi dan kualitas hasil produksi pelaku UMKM dengan menggandeng perguruan tinggi,” pungkasnya.