Kabupaten Malang Kekurangan Pembina KB

0
49
Pembina KB
Sepeda motor pembina KB yang dipakai keliling menjalankan tugas (fathul)

MALANGVOICE – Keberadaan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) di Kabupaten Malang sangat minim. Betapa tidak, dari 378 desa dan 12 kecamatan yang ada, baru 112 anggota PPKBD yang tersedia.

Koordinator Pengawas PPKBD, Sumali, menyatakan, idealnya di setiap desa dan kelurahan ada satu orang pembina KB, atau maksimal 1 orang 2 desa. Namun nyatanya baru ada 112 anggota saja, sehingga pihaknya harus bekerja keras.

“Dengan anggota yang terbatas, satu pembina KB bisa mencover tiga sampai empat desa. Makanya berat. Kerjanya ekstra, padahal gajinya sama,” jelas Sumali sembari tertawa, saat ngomong gaji.

Dalam satu bulan petugas PPKBD digaji Rp 300 ribu. Padahal setiap hari mereka wajib keliling desa untuk mengecek warga yang menikah, hamil, atau sakit saat hamil.

“Tapi kami tetap bersyukur, karena kami sudah diberi bantuan satu sepeda motor khusus untuk keliling. Sepeda motornya itu yang kemarin dipakai ngojek Gus Ipul,” tambahnya bangga.

Ia memberitahukan, di Kecamatan Donomulyo saja, hanya ada 2 petugas. Di Kasembon hanya ada 6 petugas, dan Sumberpucung ada 9 petugas. Terakhir, Sumali berharap ada penambahan anggota dari tahun ke tahun.