Kaban: Sistem Treshold harus Dihapus!

0
29
MS Kaban

Mukernas I Partai Bulan BintangMALANGVOICE – Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB), MS Kaban, menegaskan, sistem demokrasi di Indonesia harus dibenahi. Dengan model treshold seperti Pemilu periode lalu, tidak ditemui makna demokrasi perwakilan yang dimaksud.

“Jadi semua suara harus ditampung, karena sistem treshold membuat beberapa partai yang memiliki suara tidak bisa memiliki wakil di DPR,” kata Kaban, beberapa menit lalu.

Ia menambahkan, harusnya tahap awal verifikasi partai harus dilakukan dengan baik, sehingga peserta pemilu adalah partai yang memiliki basis ideologi serta organisasi yang mumpuni.

“Jangan ada lagi seperti kasus yang lalu, kita harus rubah sistem treshold selama ini,” tandasnya.

Tak hanya itu, guna menjaga keseimbangan antara parlemen dan pemerintah, mantan Menteri Kehutanan itu menyebut agar tidak terlalu banyak fraksi di DPR. Tujuannya agar pengambilan keputusan bisa jelas dan tidak terombang-ambing.

“Menurut saya hanya ada tiga fraksi saja, yang oposisi, tengah dan fraksi pro pemerintah. Atau kalau saat ini ada KMP dan KIH. Itu sangat efektif,” bebernya.