Jurnalis Berbagai Daerah Ditempa Pengetahuan Perbankan dan Keuangan

0
100
Jurnalis dari berbagai daerah mengikuti Banking Journalist Workshop di Aula Permata Bank,Surabaya.(Miski)

MALANGVOICE – Jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Banking Journalist Workshop (BJW), di Aula Lantai 3 Permata Bank Cabang Panglima Sudirman, Surabaya, Jumat-Sabtu (14-15/10).

Kegiatan yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen Indonesia bekerja sama dengan Permata Bank serta Kedutaan Besar Australia, itu mendorong pengetahuan dan kualitas jurnalis akan perbankan dan lembaga keuangan.

bjw2

Ketua AJI Surabaya, Prasto Wardoyo, mengungkapkan, sebagai organisasi profesi, AJI mendorong jurnalis untuk meningkatkan pemahaman pada isu tertentu, baik melalui pelatihan, seminar, diskusi dan beasiswa.
Selain itu, peserta juga diajak memahami kondisi ekonomi dan ilmu jurnalistik dari sudut pandang internasional.

“Pesatnya pertumbuhan media juga harus diimbangi dengan pengalaman jurnalis meliput atau menghasilkan laporan jurnalistik secara mendalam,” kata dia.

First Secretary (Public Affairs), Australian Embassy – Jakarta, Laura Kemp, menyebut, BJA dan BJW yang dilangsungkan merupakan program unik.

Menurut dia, program ini sejalan dengan komitmen jangka panjang Australia bagi Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan masyarakat.

“Kami harap program seperti ini bermanfaat dan menambah pengalaman para jurnalis,” ungkapnya.

Sementara, Head Corporate Affairs Permata Bank, Richele Maramis, mengatakan, pihaknya mendorong jurnalis untuk lebih dalam mengetahui isu-isu perbankan dan lembaga keuangan.

Program ini, tambah dia, sebagai upaya mendukung program Otoritas Jasa Keuangan dalam menyebarluaskan pemahaman terhadap lembaga keuangan.

“Tak sedikit lulusan BJA dan BJW jenjang karirnya lebih baik. Di beberapa media, silabus BJA jadi bacaan wajib pemula, karena didalamnya terdapat materi keuangan dan perbankan,” tambah dia.

Sekadar diketahui, BJW merupakan pengembangan dari Banking Journalist Academy (BJA) yang sudah digulirkan untuk keempat kalinya dan menyasar media-media di luar Jakarta.

Tahun lalu beberapa Jurnalis dari Aceh hingga Flores (NTT) ikut berpartisipasi di Jakarta, tahun 2016 ini BJW hadir di Surabaya untuk mendekatkan diri dengan media-media di wilayah timur Indonesia.