Jualan Online? Ini Tips Memotret Produk Biar Mbois

0
28
Suasana pelatihan foto produk UMKM di Block Office Batu (fathul)
Suasana pelatihan foto produk UMKM di Block Office Batu (fathul)

MALANGVOICE – Penyedia Data Elektronik (PDE) Dishub Kota Batu membuat program untuk mengajari ibu-ibu yang berkeinginan jualan online. Mereka membagi tips, terutama memaksimalkan smartphone yang dimiliki untuk foto produk.

Pemateri Waahid Wahyudi, memaparkan, untuk foto produk tidak perlu menggunakan kamera yang mahal karena dengan smartphone yang selama ini dimiliki ibu-ibu rumah tangga, sudah dapat menghasilkan foto produk yang bagus.

“Pertama, saat foto produk jangan sering-sering pakai zoom, lebih baik mendekatkan ke obyek. Ini juga bisa dipakai untuk foto selfie, jangan sering zoom,” papar Waahid di hadapan seluruh peserta.

Selain itu, Waahid juga menyarankan agar memastikan cahaya menerangi obyek. Selain cahaya yang bagus, kestabilan memegang smartphone juga akan mempengaruhi hasil produk yang dijadikan obyek foto.

“Kalau memotret, usahakan dari tempat yang nggak bisa. Pilih resolusi yang paling tinggi dari HP sehingga hasilnya juga maksimal. Jangan lupa juga, lensa kamera harus bersih,” imbuhnya.

Terakhir, Waahid juga memberikan tips agar mengenali jeda shutter kameranya. Termasuk sesering mungkin memotret agar bisa dipilih yang paling bagusm. Jika perlu menggunakan foto editing, gunakan yang paling dikuasai.