Jos! Film ROTASI Karya Mahasiswa Malang Ini Juarai Kontes Film Bergengsi Dunia

0
18
Penyerahan hadiah bersama juri (ist)
Penyerahan hadiah bersama juri (ist)

MALANGVOICE – Kota Malang harus bangga. Sejumlah mahasiswa berhasil mengukir prestasi kembali setelah menjadi juara kompetisi film tingkat nasional. Film pendek berdurasi 5 menit, berjudul ROTASI baru saja dinobatkan sebagai Grand Winner atau juara pertama The 5-Min Video Challenge tingkat dunia mengalahkan Singapura, Tanzania, Australia, Afrika, dan Philipina.

Film yang mengambil setting di Bromo dan beberapa cafe di Malang ini dibuat oleh tangan-tangan dan pemikiran kreatif beberapa mahasiswa diantaranya Destian Rendra (DKV UM), Rifky Bima (DKV UM), Eny (psikologi UM), Deny Polinema), Vicky Martin ( UMM), Premi Bima Kurniawan (UB), Ara Qodriyani (UB), Ekki Darmawan (UB), Wildan Aji (UB), Meuthia Firdausi (UB). Semuanya dipertemukan karena kesamaan hobi dan minat dan bergabung menjadi kru Hisstory.

Kru ROTASI sangat senang setelah menjadi juara (ist)
Kru ROTASI sangat senang setelah menjadi juara (ist)

Film ROTASI sebelumnya telah diseleksi oleh The 5-Min Video Challenge Telkomsel dari 250 tim se-Indonesia pada bulan Oktober lalu. Kemudian selanjutnya bulan November masuk ke jenjang internasional melibatkan juri dan pakar perfilman ternama level dunia. Penilaian dilakukan di Singapore.

Penilaian berasal dari 70% nilai juri dan 30% hasil voting online melalui website. Sampai saat diumumkan, ROTASI mendapatkan lebih dari 2000 voters dan nilai memuaskan dari juri. Kru mendapatkan hadiah $3000 karena memenangkan voting dan $ 30 ribu sebagau hadiah utama atau setara total Rp 400 juta.

“Semoga event seperti ini akan terus ada untuk taun taun kedepannya. Karena event seperti ini memberikan kesempatan buat kami para filmmaker muda dari seluruh indonesia untuk bisa diapresiasi dan bertemu insan insan filmmaker lainnya, dan tentunya semoga bisa memberikan inspirasi bagi para filmmaker muda lainnya agar terus konsisten dalam berkreasi,” kata Rendra yang juga merupakan sutradara ROTASI, saat dihubungi MVoice beberapa menit lalu.

Film ROTASI menceritakan seorang fotografer muda yang merasa rotasi ‘bumi’ atau kehidupannya berhenti dan tak ‘berputar’ karena dia kurang menjalin komunikasi yang bagus dengan orang-orang terdekatnya. Keangkuhannya membuat dirinya menjadi jauh dari dari sahabat, pacar, bahkan ibu. Film ROTASI memiliki pesan moral bahwa setiap manusia memiliki sudut pandang berbeda untuk memecahkan masalah dan manusia memiliki kendali dan pilihan atas kehidupannya. Tonton film ROTASI di www.the5minvideo.com