Jokowi dan Sultan Brunei Dijadwalkan Buka ICIS 2015 di UIN Maliki

0
67
Hasyim Muzadi dan Rektor UIN Mudjia Rahardjo

MALANGVOICE – Presiden RI, Joko Widodo, dan Sultan Brunei Darussalam, Sultan Haji Hassanal Bolkiah, dijadwalkan membuka International Conference of Islamic Scholar (ICIS) 2015 di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, 23-25 November mendatang.

Pada acara itu, Mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Sutiyoso, serta Menteri Agama, Lukman Hakim Saefuddin, akan menjadi keynote speaker.

Sekjen ICIS, Hasyim Muzadi, mengatakan, tujuan konferensi untuk meneguhkan Islam Rahmatan lil Alamin. “Saat ini di banyak negara telah terjadi konflik dan pada taraf memprihatinkan,” kata Hasyim, beberapa menit lalu.

Ia menjelaskan, gerakan ekstrim dan terorisme yang dikomandoi Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS), sudah sedemikian massif dan membahayakan dunia. “Maka umat Islam Indonesia dari cendekiawan hingga para sufi harus tampil ke depan membendung gerakan ini,” tandasnya.

Acara bakal diikuti 500 peserta dari 32 negara dari Benua Amerika, Eropa, Timur Tengah dan beberapa negara Asia. Akan dilakukan beberapa diskusi panel dengan pemateri seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mantan Presiden BJ Habibie, Mantan Menlu Hasan Wirajuda dan beberapa tokoh dari luar negeri.-