Jogja Jadi Jujugan Wisatawan Malang

0
50
Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Yogyakarta

MALANGVOICE – Yogyakarta, destinasi wisata di DIY ini menjadi paling favorit bagi turis domestik yang ingin menghabiskan waktu liburan akhir tahun bersama keluarga.

Hal itu disampaikan Ketua Malang Travel Community, Reno Widodo, saat berbincang dengan malangvoice.com, beberapa menit lalu. Direktur Aisyah Jawa Wisata ini mengatakan, meski di dunia internasional Bali menjadi jujugan, namun di mata turis domestik maupun regional ASEAN, pamor Bali masih kalah dengan Yogyakarta.

“Kenyataan ini bisa dilihat dari survei Matta Fair 2015. Pameran wisata di Kuala Lumpur, Malaysia, itu pada September lalu menunjukkan bahwa Yogyakarta menempati peringkat pertama destinasi wisata favorit di Indonesia, disusul Bandung, Bali, dan Bromo,” urai Reno.

Ia menjelaskan, destinasi wisata baru di Yogyakarta membuat wisatawan selalu tertarik untuk berkunjung. Salah satu contoh adalah Gua Pindul. “Wisata ke Yogyakarta nggak melulu ke Borobudur, tetapi sudah mengarah ke destinasi-destinasi baru,” ucapnya.

Ia melanjutkan, di akhir tahun banyak wisatawan dari Malang yang memilih untuk melakukan perjalanan wisata domestik. Pertimbangan biaya perjalanan yang lebih ringan membuat destinasi dalam negeri lebih dipilih ketimbang luar negeri.

“Kalau ke luar negeri biayanya sangat besar karena memasuki masa puncak liburan. Biasanya untuk perjalanan luar negeri dari Malang, dimulai setelah tahun baru. Harga tiket pesawat maupun tarif hotel sudah mulai normal,” papar Reno.