JFM, Koleksi Jersey Arema Hingga Liga Eropa Original

0
161
JFM bersama jersey kebanggaan.

MALANGVOICE – ‘Ora Ori Ora Oyi’, itulah motto dari Jersey Forum Malang (JFM). Komunitas yang terdiri dari kolektor jersey original sepak bola ini didirikan sejak 2012. Salah satu jersey kebanggaan adalah jersey yang dipakai Supardi, pemain no 22 dari Persib dan Hasyim Kipuw no 59 dari Arema.

“Kedua jersey itu dipake pemain waktu pertandingan arema lawan Persib. Waktu ulang tahun Arema ke – 28,” terang Effendi, salah satu anggota JFM saat ditemui MVoice.

Jersey

Cara mendapatkan jersey original tidak mudah, Effendi menceritakan, butuh usaha dan perjuangan untuk mendapatkannya. Misalnya dengan membeli langsung dari klub tentu dengan harga yang tak murah.

“Bisa saja kalau beruntung, kita dikasih pemainnya langsung. Beli ori bisa ratusan bahkan jutaan harganya. Kita pakai uang kita sendiri mbak, bukan uang ortu,” kata dia.

Kini Effendi mempunyai 317 jersey original. Ia pernah mendapat jersey dari Ronaldo pemain asal Brazil.

“Saya dapatnya waktu dia tur ke Indonesia. Dia waktu itu umur 19 tahun. Saya juga pinya jerseynya Gilang Ginarsah no 23, waktu Arema menang SCM Cup. Dia satu-satunya pencetak gol kemenangan,” katanya.

Berbeda lagi dengan Adrian, anggota JFM lain, ia sudah mengoleksi 84 jersey asal liga Italia, terutama tim-tim kecil yang jerseynya susah dicari.

“Rata-rata kolektor jersey itu nge-fans sama pemain sepak bola. Lalu kita koleksi jerseynya. Kita akhirnya paham apa manfaat beli jersey original. Kita berarti sudah kontribusi langsung pada tim idola kita, karena uangnya kan masuk ke pendanaan klub itu juga. Awalnya saya ngefans Juventus lalu jadi suka koleksi,” kata Adrian

Adrian menambahkan, jersey original memiliki kualitas yang lebih bagus karena kainnya juga berbeda. Yang lebih berharga adalah nilai historis dari jersey original itu.

“Yang jelas kami kolektor tidak ada niatan untuk menjual jersey original ini. Walaupun Arema menang kita gak ikut konvoi, tapi ni cara kita untuk menunjukkan kebanggaan kita juga pada Arema dan pertandingan sepak bola, mbak,” tutup Adrian.