Jembatan Soehat Masih Aman dan Layak!

0
27
Iwan (anja)

MALANGVOICE – Menindaklanjuti hasil kajian tim ahli jembatan baik dari akademisi dan non akademisi, tadi siang, di Hotel Atria, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur, Supa’at, menyatakan, jembatan Soehat masih aman dan layak.

“Setalah kami lakukan uji beban, baik secara teknis dan komputerisasi digital, hasilnya dapat disimpulkan bahwa jembatan itu layak. Jembatan Soehat masih memenuhi ketentuan sebagai jembatan layak. Umur jembatan masih panjang,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan, semua jembatan rangka baja seperti jembatan Soehat yang terletak di tengah kota memang wajar bila bergetar dan melendut.

“Warga kan khawatir sama getarannya, akhirnya takut. Nah getaran-getaran ini kita coba eliminasi. Jadi tidak bisa asal ganti, soalnya jembatan itu umurnya masih layak. kami pertimbangkan juga akses jalannya,” kata dia.

Ia menambahkan, tim ahli khusus jembatan sudah menyiapkan alat eksternal untuk meminimalisir getaran itu.

“Ya itu akan kami rapatkan dan kita bahas segera. Perbaikan itu mutlak. Tapi kami tidak bisa menghilangkan getaran itu, kami hanya bisa meminimalisir saja,” tambahnya.

Sekbit Jembatan Khusus Kementrian, Iwan Zarkasi, menambahkan, bahwa getaran jembatan Soehat masih dalam batas wajar yaitu 2,19 Hertz.

“Itu dalam keadaan jembatan kosong ya. Kalau ada beban belum kami hitung. Yang jelas menurut saya masih wajar,” kata dia.