Jelang Pensiun, Ratusan PNS Dibekali Pelatihan

0
76
Pembekalan PNS
Pembekalan PNS

 

MALANGVOICE – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang memberikan pelatihan dan pembekalan kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Malang yang akan memasuki masa pensiun.

Kegiatan pelatihan dan pembekalan itu dilakukan di Hotel Regent’s, hari ini, dihadiri Sekertaris Daerah Kota Malang, Dr Idrus Ahmad, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang, Subkhan, psikolog dari prosinergi serta tim kajeye food yang menjadi pemateri dalam acara ini.

Pelatihan dan diklat ini diikuti sebanyak 125 orang yang merupaka  representasi PNS di semua SKPD dan akan masuk masa pensiun tahun 2016 dan tahun 2016
7. Data sementara BKD menyebut, saat ini ada sekitar 300 PNS yang akan masuk purna tugas pada 2016.

Idrus mengatakan, pelatihan dan pembekalan PNS menjelang pensiun di lingkungan Pemkot Malang ini dilakukan menekan post power sindrom setelah mereka tidak menduduki lagi posisi sebagai pejabat di pemerintahan.

Sehingga, upaya BKD melakukan inovasi dengan memberikan pembekalan berupa wirausaha ini sangat penting agar para PNS ini bisa tetap berkarya meski mereka sudah purna tugas.

Idrus juga berpesan, dalam kehidupan manusia, masa atau waktu adalah hal yang harus dihadapi, bahkan dalam dunia kerja maupun saat berkarir setiap orang yang bekerja tentu akan menghadapi masa-masa keemasan yang bisa membawanya berada dipuncak karir kesuksesan namun seiring dengan berjalannya waktu masa keemasan itu baik cepat atau lambat dipastikan akan menurun.

“Pada umumnya bagi sebagian orang yang akan memasuki masa pensiun akan menimbulkan kegelisahan dan keresahan tersendiri seperti kekhawatiran dan ketakutan kehilangan jabatan, kehilangan rutinitas dan kehilangan status, inilah penyebab timbulnya post power syndrome yang memicu stres dan dapat mengakibatkan gangguan yang sangat fatal pada kesehatan,” kata Idrus.

Ia berharap dengan adanya pelatihan dan pembekalan dengan mendatangkan beberapa nara sumber seperti Drs. Robin A. Wijaya, MBA dari prosinergi sebagai psikolog, Ir.  Kristiawan dari kajeye food, yang bergerak di wira usaha pengolahan ikan lele bisa menjadi motivasi bagi para PNS agar bisa terus berkarya.

“Satu hal yang bisa dipastikan semua pegawai tentu berharap masa pensiun mereka bisa bahagia, banyak yang mengatakan jika meraih masa tua dengan bahagia cenderung sulit untuk bisa diwujudkan, namun itu itu pasti bisa diraih mereka,” ungkapnya.

Idrus menekankan pula jika pensiun adalah istilah kepegawaian saja, didalam kehidupan tidak ada istilah pensiun oleh karenanya, perlu adanya persiapan dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi setelah pensiun.

“Yang lebih penting adalah mental kita, jangan sampai ada memiliki pemikiran pesimis, dan merasa diri kita sudah tidak berguna lagi ataupun patah semangat,” tukasnya.

Melalui kegiatan ini, tidak saja diharapakan dapat menjadi media silaturrahim, namun lebih dari itu juga dapat membuka wawasan PNS yang akan memasuki masa paripurna tugas, untuk mampu memanfaatkan waktu luang setelah lepas tugas kedinasan dengan berbagai kegiatan yang lebih produktif dan berdaya guna.