Jelang Natal, Harga Komoditas Merangkak Naik

0
15

MALANGVOICE – Perayaan Natal dan Maulid Nabi Muhammad yang berbarengan membuat harga sejumlah komoditas merangkak naik. Kenaikan terlihat signifikan pada produk bawang merah angka Rp 30 ribuan per kg.

Salah satu pedagang di Pasar Pakisaji, Juminem membenarkan, harga bawang merah mulai merangkak naik, dari sekitar Rp 12 ribuan di minggu lalu hingga saat ini Rp 32 ribu per kg di saat ini.

“Nggak tahu apa penyebabnya, yang jelas harga belinya naik, jadi jual kembalinya pun menyesuaikan,” terang dia.

Selain bawang merah, kenaikan juga terlihat pada komoditas ayam yang mengalami kenaikan sekitar Rp 2000. Biasanya, harga ayam pedaging dikisaran Rp 28 ribu per kg, saat ini naik menjadi Rp 30 ribu per kg.

Kasi Statistik dan Distribusi Kota Malang, Erny Fatma Setyaharini membenarkan bahwa kenaikan harga terjadi pada sejumlah komoditas, mulai dari bawang merah, ayam, telur ayam, cabe merah dan cabe rawit.

“Ada kenaikan. Bawang merah di pedagang kelilng bahkan mencapai Rp 36 ribu per kg,” ungkapnya kepada MVoice.

Kenaikan tersebut menurut Erny, selain disebabkan oleh makin dekatnya momen Natal dan Maulid Nabi Muhammad, juga dipicu datangnya musim penghujan, dimana pasokan sudah mulai berkurang.

“Panen sudah selesai, kebanyakan petani memasuki musim tanam, sehingga stok mulai berkurang. Kondisi ini membuat harga komoditas kemudian mengalami kenaikan,” tukasnya.