Jelang Imlek, Klenteng Mulai Bersolek

0
14
Klenteng Eng An Kiong ornamen Imlek
Petugas kebersihan Klenteng Eng An Kiong membersihkan berbagai ornamen jelang Imlek. (shuvia)

MALANGVOICE – Klenteng Eng An Kiong melakukan persiapan jelang perayaan Imlek yang jatuh pada 8 Februari mendatang. Tempat peribadatan umat Konghucu itu mulai dibersihkan dan direpaint di beberapa bagian agar tampil bersih diperayaan Tahun Baru Cina.

Hari ini, tim kebersihan Klenteng Eng An Kiong membersihkan alat musik tradisional seperti gong dan gamelan. Alat musik tersebut rencananya akan dipakai untuk pertunjukan wayang orang pada rangkaian kegiatan Imlek tahun ini.

Putro, salah satu petugas Klenteng Eng An Kiong mengatakan pembersihan tersebut dilakukan sejak sekitar beberapa hari lalu. Pengecatan dan perbaikan dilakukan baik untuk bagian dalam maupun luar. “Ada perbaikan bagian atap juga,” kata Putro.

Di Imlek kali ini, Klenteng Eng An Kiong dipastikan akan lebih meriah. Pasalnya ada sejumlah kegiatan tambahan yang tidak ada di tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan tersebut antara lain pameran dan kontes akik nasional, fashion show bertema busana Cina, hingga wayang orang.

“Untuk pameran akik akan digelar mulai 6 Februari sampai 9 Februari. Selain akik, ada juga pameran lukisan,” jelas Putro.