Jelang Imlek, Forkom Warga Tionghoa Malang Raya Bagi-bagi Ang Pao

0
24
Suasana pembagian saat Imlek di Kelenteng Eng An Kiong
Suasana pembagian saat Imlek di Kelenteng Eng An Kiong (fia)

MALANGVOICE – Jelang perayaan Imlek 8 Februari 2016 mendatang, Forum Komunikasi Warga Tionghoa Malang Raya menggelar bakti sosial pembagian ang pao untuk masyarakat kurang mampu di aula gedung olahraga yayasan kelenteng Eng An Kiong Malang.

Ketua Umum Forum Komunikasi Warga Tionghoa Malang Raya, Linggaryanto B.U menjelaskan, ada 400 ang pao yang dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di Kota Malang.

“Bakti sosial ini merupakan kegiatan rutin. Tujuannya agar masyarakat bisa merayakan Imlek dalam kondisi sejahtera. Targetnya sekitar 500 ang pao dibagikan,” jelas dia.

Pria yang juga pemilik International Optical ini menjelaskan, program tali asih ini sejatinya tak hanya digelar ketika Imlek saja namun juga di hari besar keagamaan lain seperti Idul Fitri dan Natal.

“Jadi kegiatan seperti ini juga bertujuan untuk menjaga kerukunan umat. Kebetulan karena Imlek, maka acara dilaksanakan di kelenteng. Kalau Natal, kami menggelar di gereja,” jelas Linggaryanto.

Ketua Pelaksana Harian Forum Komunikasi Warga Tionghoa Malang Raya, Sucipto Gunawan menambahkan, selain masyarakat Kota Malang, penerima ang pao juga ada yang berlokasi di Lawang.

“Khusus untuk penerima di Lawang, kita akan datang ke sana karena kalau mereka harus ke Kelenteng Eng An Kiong terlalu jauh,” tambah dia.

Forum Komunikasi Warga Tionghoa Kota Malang sendiri terdiri dari 16 perkumpulan yaitu vihara Vajra Bumi Kertanegara, Yayasan Bimasakti Malang, Yayasan Kelenteng Eng An Kiong, Yayasan Fajar Jaya Dharma Sosial Malang. Perkumpulan Guang Zhao, Perkumpulan Hakka Malang, Perkumpulan Warga Hubei Jatim, TITD Kwan In Tong Batu, Vihara Budha Maitreya, Perkumpulan Sosial Panca Budhi, Yayasan Panca Dharma, universitas Ma Chung, Vihara Samaggi Viriya, Malang Xin Li Xiao You Hui dan Paguyuban Warga Zhang Quan Malang.