Jawab Tantangan Kualitas Pendidikan, Kota Batu Canangkan Lesson Study

0
39
Lesson Study Club Batu
Peresmian Lesson Study Club (Anja)

MALANGVOICE – Hari ini Dinas Pendidikan Kota Batu meresmikan Lesson Study Club, bekerjasama dengan Tim Lesson Study Universitas Muhammadiyah Malang, diketuai Nurwidodo, melibatkan Ryo Suzuki, pakar Lesson Study dari Jepang.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Dra Mistin MPd, Lesson Study Club merupakan program konkret menjawab tantangan kualitas pendidikan saat ini.

“Proses pembelajaran merupakan implementasi dari kurikulum. Dalam prosesnya, guru merupakan ujung tombak. Sehingga, perlu pembinaan kompetensi guru yang terus menerus dan berkelanjutan melalui Lesson Study,” katanya, saat pidato pembukaan peresmian, beberapa menit lalu.

Dia juga mengingatkan mengigatkan, faktor utama penentu keberhasilan pendidikan adalah pembelajaran. Lesson Study dinilai cocok dan tempat untuk peningkatan mutu pendidikan jangka panjang dan sistemik.

“Karena fokus Lesson Study adalah pembinaan profesi, pengkajian pembelajaran kolaboratif, dan mutual learning,” tutupnya.

Acara peresmian dilanjutkan workshop Lesson Study yang dihadiri seluruh kepala sekolah dan guru dari sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah pilloting program Lesson Study.