Jarang Disukai, Padahal Brokoli Kaya Manfaat

0
250
Brokoli ijo (ist)
Brokoli ijo (ist)

MALANGVOICE – Jangan meremehkan manfaat sayur hijau brokoli. Brokoli seperti sayuran lainnya memiliki kemampuan detoksifikasi atau membersihkan racun tubuh seperti asam urat.

Menurut dosen biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Drs Anjisman MPd, brokoli mempunyai sifat anti kanker karena mengandung phytochemical. Brokoli mengurangi resiko kanker payudara, kulit dan beberapa jenis kanker lainnya.

Selain itu brokoli bagus mencegah penuaan dan menjaga kesehatan kulit. Senyawa yang disebut sulforaphane dalam brokoli mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV.

“Brokoli salah satu sayur yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit,” tukasnya kepada MVoice.

Dijelaskan, brokoli dapat mengontrol diabetes karena kandungan kromium di dalamnya dikenal bisa mengontrol kadar gula darah.

Ibu hamil juga wajib makan brokoli karena brokoli merupakan sumber folat yang membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida pada janin. Semua wanita membutuhkan sumber rutin folat selama kehamilan.

Dia menambahkan, brokoli mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Brokoli kaya akan serat mengurangi kolesterol, kromium, dan potasium, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah.

“Karotenoid lutein ditemukan dalam brokoli dapat mencegah penebalan arteri di jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, terutama stroke. Sering-sering ya makan brokoli,” tutupnya