Jamu Herbal Itu Menyehatkan, Asal…..

0
106

MALANGVOICE – Sebagai minuman herbal warisan nenek moyang, jamu kian tergerus jamu modern dan obat kimia. Padahal obat kimia belum tentu punya khasiat lebih manjur.

“Saat ini kan orang-orang banyak terkontaminasi obat atau bahan kimia. Padahal obat kimia itu rentan menyebabkan penyakit yang baru. Coba liat kakek nenek kita yang minum jamu, mana ada penyakit macam-macam, ” kata Muhammad Aksad, pakar Nutrisi Herbal, ditemui Mvoice, beberapa menit lalu.

Dikatakan, jamu herbal punya banyak manfaat untuk kesehatan. Misalnya, beras kencur dapat meningkatkan stamina, kunir mencegah sakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Jamu itu sehat. Yang bahaya itu kalau ada oknum penjual jamu nakal yang sengaja mencampur jamu dengan pil-pil/obat kimia. Hasilnya, orang itu merasa sehat bugar bertenaga. Tapi, ginjalnya harus bekerja keras. Akhirnya sakit ginjal. Makanya, saya milih bikin jamu sendiri di rumah,” kata pria yang tinggal di Jl. Bantaran 5A no 40, Malang.

Selain untuk dikonsumsi manusia, Jamu ternyata bisa dikonsumsi binatang ternak.

“Binatang ternak itu juga menyimpan kandungan kimia dalam tubuhnya. Jamu bisa menggelontorkan residu kimia tersebut. Lha kalau misal ayam yang tidak sehat dikonsumsi manusia, manusianya juga yang kena imbasnya,” tutupnya.