Jalasenastri Gelar Anugerah Piala Inspirasi Jalasenastri 2016

0
38

MALANGVOICE – Jalasenastri menggelar acara Penganugerahan Piala Inspirasi Jalasenastri 2016, di Gedung Auditorium Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, hari ini.

Kegiatan yang ketigakalinya sejak 2014 itu diselenggarakan untuk memperingati Hari Kartini 2016 yang merupakan refleksi dari tekad dan semangat segenap Pengurus Jalasenastri dan Jajaran TNI Angkatan Laut dalam rangka meningkatkan peran ibu-ibu Jalasenastri guna mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengurus Pusat Jalasenastri, Ny Endah Ade Supandi, mengatakan, perjuangan RA Kartini saat ini telah menjadi kenyataan. Perempuan-perempuan Indonesia yang dulu terpasung oleh adat istiadat, saat ini menjelma menjadi perempuan yang kreatif dan mempunyai kesempatan lebar untuk melangkah sejajar dengan kaum pria.

“Dengan semangat dan inspirasi R.A. Kartini, saat ini juga telah banyak perempuan Indonesia yang dapat memberikan inspirasi, tidak saja bagi kaumnya tapi juga untuk masyarakat disekitarnya,“ tambah Ny Endah Ade Supandi.

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi SE MAP, selaku Pembina Utama Jalasenastri, menyampaikan, emansipasi wanita merupakan bentuk revolusi positif dalam perikehidupan masyarakat Indonesia.

“Namun perlu diingat bahwa anggota Jalasenastri harus tetap berperilaku sesuai dengan etika, budaya dan agama terlebih wanita Indonesia dibesarkan dalam adat ketimuran,” lanjut Kasal, dalam rilis yang diterima MVoice.

Penganugerahan Piala Inspirasi Jalasenastri 2016 dibagi menjadi lima kategori yaitu Wanita Profesional, Wanita TNI, Wanita Wirausaha, Wanita Kreatif dan Wanita Berbakat Seni. Dari 50 orang nominasi tiap kategori terpilih 17 orang sebagai pemenang. Kategori Wanita Profesional terpilih sebagai Juara I Alendiattaviana, Juara II dr Santy Yulia, Juara III dr Pirilina Umi Astuti MKes Dipl In Pop dan Juara IV Ratna Masitresti.

Sementara pada kategori Wanita TNI terpilih menjadi Juara I Letkol CKU Kowad Arifin Rifiningsih T MM, Juara II Pelda (Pom/W) Laely Wanita Rachmawati dan Juara III Serka Kowal Lindawati.

Untuk pemenang kategori Wanita Wirausaha Juara I Siti Rohana, Juara II Alien Purilani, Juara III Eva Sanjaya dan Juara IV Made Yuni Ari. Selanjutnya kategori Wanita Kreatif sebagai Juara I Rina Cristina, Juara II Rini Dwi Astuti dan Juara III Sumartini Puspadewi SS. Sedangkan kategori Wanita Berbakat Seni sebagai Juara I Kusuma Rizky Adiningrum, Juara II Lia Eka Agustina, S.H dan Juara III Sari Wijayanti, S.Pd.

Kepada masing-masing pemenang diberikan piala penghargaan dan uang pembinaan dari Ketua Umum Pengurus Pusat Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi. Pada kesempatan tersebut juga secara spontan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi juga turut memberikan hadiah tambahan kepada seluruh nominator.

Selain melaksanakan pemberian anugerah, kegiatan ini juga diisi dengan ceramah etika oleh sesepuh Jalasenastri ibu Bambang Purwadi yang juga merupakan praktisi di dunia pendidikan. Selain itu juga dalam kesempatan ini dimeriahkan dengan penampilan hiburan dongeng dan kolintang ibu-ibu Jalasenastri.