Jaga Sumber Air, 1 Miliar Pohon Ditanam

0
24
Gerakan menanam 1 miliar pohon di Wisata Alam Sumber Sira. (fathul)

MALANGVOICE – Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon di Wisata Alam Sumber Sira, Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, berjalan meriah.

Kegiatan yang diikuti ratusan warga dan berbagai elemen masyarakat ini merupakan program pemerintah pusat yang diturunkan hingga ke tingkat Kabupaten Malang dan Kecamatan Gondanglegi.

“Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 2010 dengan tema 1 Miliar Pohon dari Indonesia untuk Dunia. Jadi seluruh Indonesia pasti ada gerakan ini,” ungkap pengelola Wisata Sumber Sira, Abdur Rosyid Asadullah.

Kegiatan penanaman di Sumber Sira sendiri, kata Abdur, dilakukan dalam rangka pelestarian alam, penghijauan, dan menjaga sumber mata air agar tetap mengalir hingga ribuan tahun yang akan datang.

“Dengan banyak pepohonan yang ditanam, diharapkan dapat menjaga sumber sira. Kan di mana-mana sumbeir mati, sudah tidak mengalir. Sehingga kita harus menjaga sumber air ini dengan penanaman pohon,” tambah Abdur.

Selain penanaman pohon itu sendiri, penghijauan yang serentak dilakukan ini juga dapat mendidik masyarakat supaya mencintai lingkungan. Dengan mengajak warga sekitar menanam, berarti ada kepedulian dan kesadaran.

“Makanya kita mengajak organisasi pemuda seperti KNPI, mahasiswa, warga sekitar, dan Muspika di Kecamatan Gondanglegi,” tandasnya.