Jaga Persaingan, Panitia Batasi Pelari Asing

0
107
Kabid Binpres KONI Kota Malang, Husnun N Djuraid. (Muhammad Choirul)
Kabid Binpres KONI Kota Malang, Husnun N Djuraid. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Beautiful Malang Run (BMR) 2016 bakal diikuti sejumlah pelari internasional. Kendati demikian, panitia tetap memberi batasan pada pelari asing yang ingin ikut serta di ajang yang dihelat di Perum Kota Araya, Minggu (23/10) mendatang.

Ketua Bidang (Kabid) Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Kota Malang, Husnun N Djuraid, menegaskan, ajang ini sekaligus untuk menggali potensi para pelari lokal. Karena itu, tidak banyak pelari asing yang boleh ikut serta.

Baca juga: Target 2.000 Peserta, BMR 2016 Perebutkan Total Hadiah Rp 60 Juta

Sejauh ini, sudah empat pelari asing yang terdaftar, antara lain David Kipkirui dan Samson Karega dari Republik Kenya. Selain itu, ada juga sejumlah pelari nasional dari berbagai daerah. Yang sudah terdaftar, antara lain pelari asal Bali, Lampung, Bandung, dan Surabaya.

“Kami memang membatasi untuk memberi kesempatan pada pelari kita dalam berpartisipasi,” ungkap Husnun.

Pria asal Surabaya itu menambahkan, panitia tidak sekadar mempertimbangkan daya tarik atau gengsi even. Lebih dari itu, unsur kompetisi dan pembinaan juga menjadi perhatian.

“Kemungkinan hanya empat orang dari luar negeri yang ikut. Ini sebagai perwakilan saja, harapannya pelari-pelari kita bisa belajar dari mereka,” tandas wartawan senior itu.