Jaga Keluhuran Budaya, Duta Budaya Kota Malang Dapat Workshop

0
75
Workshop Kebudayaan dan Permuseuman. (deny)

MALANGVOICE – Demi menjaga nilai budaya, hari ini 30 duta budaya mendapat pelatihan tentang kebudayaan dan permuseuman, di OJ Best Western Hotel. Mereka mendapat materi dari dosen UB, Riyanto dan Pimpinan Yayasan Inggil Kota Malang, Dwi Cahyono.

Workshop2Workshop dibuka Kepala Disbudpar Kota Malang, Ida Ayu. Dia berpesan agar para duta budaya yang terpilih sejak 2015 itu, diharap bisa menjadi penggerak dan motivator di lingkungan sekitar.

“Mereka bisa jadi panutan bagi teman terdekat atau lingkungan yang bisa menanamkan nilai budaya Kota Malang dan pentingnya museum,” katanya.

Ditambahkan Kabid Sejarah Nilai Tradisi Dan Museum Purbakala, Sukariono, dari pelatihan itu, selain motivator penggerak, duta budaya diharap bisa mempromosikan budaya lokal sampai luar daerah.

Selain itu, memahami budaya lokal dikatakan Ketua Paguyuban Duta Budaya dan Museum Kota Malang, Yolan Tri Purbiantor, sangat penting. Karena dari pengalaman, beberapa teman dekat malah tidak mengetahui asal muasal Kota Malang.

“Di Malang kan banyak pendatang yang membawa kebudayaan sendiri, sehingga tercampur. Kami di sini tugasnya meberikan pengetahuan agar bermanfat bagi anak muda,” tandasnya.